Sunday, January 11, 2015

How to think like rich people?

Posted by Cherry Torhuta at 11:17 PM
Gw baru baca sebuah artikel yang sangat menginspirasi, artikel ini judulnya "5 Ways Rich People Think Differently From the Rest of Us". Artikel ini sangat mengubah pola pikir gw, dan gw mau berbagi ke kalian semua, semoga aja bermanfaat ya!

Kalian tau kan, di dunia ini ada dua tipe orang kaya, yaitu orang yang kaya sejak lahir, mereka kaya karena warisan dari orangtuanya. Ini tipe orang yang beruntung, karena bonyoknya uda tajir daridulu. Dan ada juga orang yang kaya karena hasil perjuangan dan kerja kerasnya. Tipe orang kaya yang kedua inilah yang sangat membanggakan, karena mereka terlahir dalam keluarga yang tidak kaya, namun mereka berusaha dari nol supaya mereka menjadi orang kaya.

Tentu saja kita dapat belajar dari mereka, apa aja sih sifat-sifat yang harus dimiliki orang kaya? Gimana cara mereka memulai usahanya dari nol sampai mereka sukses seperti sekarang?

1. Orang kaya menentukan prioritas
Kebanyakan dari kita, pengen hidup yang senang-senang, tiap weekend nongkrong cantik di cafe, tiap malem minggu clubbing, tiap ada film baru wajib nonton, beli gadget terbaru yang highend. Memang ga salah sih, tapi orang kaya adalah orang yang bisa menentukan prioritas, apa yang kita inginkan belum tentu kita butuh. Kamu membeli barang hanya karena tekanan sosial, misalnya kamu beli handphone baru karena teman2 kamu baru beli hp baru, padahal handphone lama kamu masih bagus.

2. Orang kaya berpikir untuk melipat-gandakan tabungannya


Orang biasanya hanya berpikir untuk nabung nabung dan nabung. Tapi untuk menjadi kaya kita harus berpikir bagaimana cara tabungan kita yang hanya 5.000.000 perbulan bisa menghasilkan keuntungan dan berlipat-ganda. Coba deh berpikir untuk berinvestasi dan menambah income.

3. Orang kaya ga takut resiko

Kebanyakan orang dari golongan menengah berpikir, “Ah gw ud nyaman kerja di perusahaan ini, toh gaji gw cukup buat hidup, buat makan sehari-hari dll. Daripada gw buka bisnis sendiri nanti gw rugi gimana, bayar pegawai gimana, dll.” Namun orang kaya yang sesungguhnya adalah orang yang berani mengambil resiko, eits.... gw ga bilang kalian harus bertindak ceroboh loh memilih bisnis apa saja. Karena berbisnis itu memang tidak mudah, banyak resiko yang harus ditanggung. Maka kalian harus berpikir secara matang, membuat business plan, dan jalanilah bisnis kalian dengan fokus.

4. Orang kaya melihat uang dengan logika, bukan dengan perasaan.

Kebanyakan dari kita menganggap bahwa uang adalah segalanya, we loves money that much. TAPI.... orang kaya ga gitu, orang kaya menganggap uang adalah jalan untuk membuka kesempatan baru. Mereka ga takut kalo kehilangan sedikit uang mereka untuk membuka kesempatan yang lebih baik.

5. Orang kaya fokus dengan targetnya, hidup atau mati.

Orang biasanya hanya hidup di dalam zona nyamannya, mereka menentukan target lalu bila targetnya tidak tercapai ia akan mengubah targetnya dengan mudahnya. Sedangkan orang kaya menentukan target lalu berusaha untuk mencapai target tersebut, orang kaya ga gampang puas.

6. Orang kaya ga suka pamer

Do you guys notice kalo orang orang yang suka pamer itu biasanya yang new money, atau istilahnya orang kaya baru. Mereka adalah orang kaya yang sikapnya masih seperti orang kelas menengah (status sosialnya dulu). Orang-orang dikelas menengah mempunyai pemikiran bahwa dengan uang kita mempunyai segalanya, uang menjadi ajang pamer sana sini. Mereka mengupgrade barang-barang mewah mereka seperti gadget, perhiasan, tas branded, mobil, rumah dll agar orang notice bahwa mereka adalah orang kaya. Mereka ga berpikir untuk mengupgrade "diri" mereka. Padahal orang kaya yang sesungguhnya ga mementingkan hal hal seperti itu, motivasi mereka menjadi kaya adalah supaya mereka tidak lagi berada dibawah tekanan para atasan mereka, supaya mereka bebas untuk mencapai cita-cita mereka.

So tunggu apa lagi? Think like rich people, be rich! :)


0 comments:

 

The Future Psychologist Diary Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos